DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 HINAI T.P 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Rahmat Wahyudi (STUDENT ID : 409421022)
J.B Sinuraya (LECTURER ID : 1963001301986011002)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-15 03:53:09 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dan konvensional pada materi pokok hukum-hukum newton di kelas X semester I SMA Negeri 1 Hinai T.P 2013/2014, 2) Untuk Mengetahui interaksi model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada signifikan 𝜶 = 0,05. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester genap yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive yang disebut juga cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Dengan masing-masing kelas terbagi dalam gaya belajar auditori dan kinestetik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal yang terlebih dahulu divalidasikan. Gaya belajar dalam penelitian ini adalah gaya belajar auditori dan kinestetik.Data pretest dan postest diuji normal dan homogen kemudian dilakukan uji F dengan nilai rata- rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 70.26 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 60.41, pada taraf signifikan 5% diperoleh Fhitung = 9.89 > Ftabel = 3.99. Pada gaya belajar auditori diperoleh rata 
Institution Info

Universitas Negeri Medan