DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER I SMA UISU T.P. 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Moriza Maya Sari Sinaga (STUDENT ID : 409321038)
Jonny Haratua Panggabean (LECTURER ID : 196409211989031003)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-18 08:26:03 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif dengan menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum newton di kelas X semester I di SMA UISU T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA UISU yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas kontrol berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan yaitu model pembelajaran generatif dengan menggunakan peta konsep dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 37,1 dengan standar deviasi 13,0 dan kelas kontrol adalah 37,0 dengan standar deviasi 12,2. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk pretes diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,107 < 0,149, sedangkan kelas kontrol Lhitung < Ltabel = 0,091 < 0,164 maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel diperoleh diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,135 < 1,768 maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2,869 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung > ttabel (2,869 > 1,669), maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran generatif dengan menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum newton kelas X semester I SMA UISU T.P. 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan