DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER 1 SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Juni Wati Gultom (STUDENT ID : 409121045)
Nurdin Siregar (LECTURER ID : 195806081984031004)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-23 03:23:54 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gerak Lurus di kelas X semester I SMA Negeri 11 MedanT.P. 2013/2014Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan control group pretes-postes design. Populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik clusterrandom sampling, yaitu kelas X-8sebagai kelas eksperimen dan kelas X-9sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang divalidasi oleh ahli dan lembar observasi aktifitas belajar siswa.Data hasil belajar ini diuji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas kemudian diuji hipotesis dengan uji t. Dari hasil penelitian, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 27,91 dan kelas kontrol28,19. Untuk data pretes, pada pengujian normalitas di kelas eksperimen dengan Lhitung=0,1241 dan Ltabel = 0,1477;kelas kontrol dengan Lhitung=0,1228 dan Ltabel=0,1477, diperoleh Lhitung
Institution Info

Universitas Negeri Medan