DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DI KELAS XI SMA NEGERI 2 MODEL BINJAI T.P. 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Shofia Ummi (STUDENT ID : 409421030)
Rahmatsyah (LECTURER ID : 196602021994031006)
Subject
QC Physics 
Datestamp
2016-08-18 02:45:46 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share menggunakan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas di kelas XI SMA Negeri 2 Model Binjai T.P 2013/2014, untuk mengetahui aktivitas siswa selama mengikuti proses belajar mengajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share menggunakan media animasi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Model Binjai yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas XI-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-8 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas kontrol berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dengan 5 option. Instrumen yang kedua lembar observasi aktivitas belajar siswa. Kelas eksperimen diberikan perlakuan model kooperatif tipe think pair share menggunakan media animasi dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hasil pengujian pretes menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 25,57 dengan standar deviasi 10,42 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 23,57 dengan standar deviasi 8,19. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 69,15 dengan kategori cukup baik dan kelas kontrol adalah 56,25 dengan kategori kurang baik. Setelah diberikan perlakuan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 65,29 dengan standar deviasi 8,22 dan kelas kontrol 47,00 dengan standar deviasi 9,94. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 8,389 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung > ttabel (8,389 > 1,669) maka H diterima yakni ada perbedaan karena pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share menggunakan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas di kelas XI SMA Negeri 2 Model Binjai T.P. 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan