DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) BERBANTU PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII SEMESTER II DI SMP NEGERI 15 MEDAN T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Sartika Sari Rambe (STUDENT ID : 409121075)
Sahyar (LECTURER ID : 196004261985031003)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-15 04:00:59 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajarankooperatif tipe TPS berbantu peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di kelas VIII SMP Negeri 15 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester genap SMP Negeri 15 Medan terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII-6 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII-7 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 43 siswa ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Data kognitif yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes pilihan berganda dengan jumlah 20 item yang telah divalidkan oleh validator kemudian diuji cobakan untuk mengetahui reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 35,23 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 33,72. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama, Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantu peta pikirandan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 64,53 dengan kategori cukup dan kelas kontrol 55,8 dengan kategori kurang. Hasil uji t diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang dengan menerapkan model pembelajarankooperatif tipe TPS berbantu peta pikiran dengan model pembelajaran konvensional di kelas VIII semester genap SMP Negeri 15 Medan T.P. 2012/2013. Data aktivitas siswa (Psikomotorik) menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh skor 77,6 dengan kategori cukup baik dan data afektif pada kelas eksperimen 76 dengan kategori baik, sedangkan kelas kontrol 71,9 dengan kategori baik. Hasil aktivitas diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share)terhadap aktivitas siswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan