DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SMP NEGERI 38 MEDAN T.P. 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Dolince Erika Novita Sihombing (STUDENT ID : 408121041)
User Simarmata (LECTURER ID : 195101081982031005)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-22 07:34:17 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis inkuiri dan pembelajaran konvensional di kelas VIII pada materi pokok Cahaya di SMP Negeri 38 Medan T.P. 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Negeri 38 Medan yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 185 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas yang relatif homogen secara acak yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas kontrol berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis inkuiri dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 33,71 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 32,18. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran Quantum Teaching berbasis inkuiri sebesar 71,42 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 65,14. Begitu juga dengan hasil pengamatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada kelas dengan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis inkuiri diperoleh rata-rata 70,05% dengan kategori nilai aktivitas aktif. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh Sig t < α, yaitu 0,026 < 0,05 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 68. Hal ini berarti terima Ha yang berarti ada perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis inkuiri dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok cahaya di kelas VIII SMP negeri 38 Medan T.P. 2011/2012. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan