DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TEKNIK AKROSTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN KELAS VII SMP HARAPAN MANDIRI MEDAN T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Efri Yenita (STUDENT ID : 408121042)
Mara Bangun Harahap (LECTURER ID : 195603031984031003)
Subject
BF501 Motivation 
Datestamp
2016-08-15 04:54:47 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik akrostik terhadap hasil belajar siswa pada materi besaran dan satuan kelas VII SMP Harapan Mandiri Medan T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Harapan Mandiri Medan T.P. 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak, yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang telah divalidkan dan direliabelkan, dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen 30.48 dengan standar deviasi 12.86 dan untuk kelas kontrol 30.47 dengan standar deviasi 13.36. Pada pengujian normalitas diperoleh data untuk kelas eksperimen dengan Lhitung = 0.1455 dan Ltabel = 0.1498, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0.1311 dan Ltabel = 0.1498, Lhitung < Ltabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1.08 dan Ftabel = 1.76, Fhitung < Ftabel maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik akrostik dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh nilai rata-rata postes untuk kelas eksperimen 48.95 dengan standar deviasi 28.37 dan untuk kelas kontrol 38.67 dengan standar deviasi 21.8. Pada pengujian normalitas diperoleh data untuk kelas eksperimen dengan Lhitung = 0.1398 dan Ltabel = 0.1498, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0.1480 dan Ltabel = 0.1498, Lhitung < Ltabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1.69 dan Ftabel = 1.76, Fhitung < Ftabel maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa untuk kelas eksperimen adalah 70.5 dan untuk kelas kontrol adalah 68.4 yang termasuk kategori aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 1.69 dan ttabel = 1.67, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan teknik akrostik terhadap hasil belajar siswa pada materi besaran dan satuan kelas VII SMP Harapan Mandiri Medan T.P. 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan