DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN BANTUAN MEDIA THE THING PUZZLE DENGAN MEDIA CROSSWORDS PUZZLE PADAMATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS IX SMP NEGERI 2 GALANG T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Mira Sri Haryani Piliang (STUDENT ID : 408141088)
Syarifuddin (LECTURER ID : 195911221986011001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-15 06:17:29 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran the thing puzzle dan crosswords puzzle pada materi pokok sistem ekskresi di kelas IX SMPN 2 Galang Tahun pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Galang yang berjumlah 120 orang dan sampel diambil secara cluster sampling sebanyak 58 orang. Sampel berjumlah 58 orang yang terdiri dari dua kelas, kelas pertama mendapat perlakuan dengan diajar menggunakan media the thing puzzle sedangkan kelas kedua diajar dengan menggunakan media crosswords puzzle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan bantuan media the thing puzzle pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di kelas IX SMP Negeri 2 Galang Tahun Pembelajaran 2012/2013 adalah 56,59 dengan standart deviasi 9,36. Sedangkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan bantuan media crosswords puzzle pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di kelas IX SMP Negeri 2 Galang Tahun Pembelajaran 2012/2013 adalah 61,59 dengan standart deviasi 160,7. Analisis statistik menunjukkan tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan bantuan media the thing puzzle dengan media crosswords puzzle pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di kelas IX SMP Negeri 2 Galang Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05). 
Institution Info

Universitas Negeri Medan