DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS DENGAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SUBMATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS XI SMA SWASTA MUHAMMADIYAH-8KISARAN T.P. 2012 / 2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Zikrina Nizmi Siregar (STUDENT ID : 81244410035)
Hj. Nuraini Harahap (LECTURER ID : 1953100051976032001)
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2016-09-01 01:57:24 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe STAD pada materi pokok Sistem Peredaran Darah Manusia, mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe TSTS pada materi pokok Sistem Peredaran Darah Manusia, dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan Kooperatif tipe STAD dengan kooperatif tipe TSTS terhadap hasil belajar pada submateri Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas XI IPA SMA Swasta Muhammadiyah-8 Kisaran T.P. 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dimana dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok 1 sebagai kelompok eksperimen I dan kelompok II sebagai kelompok eksperimen II. Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 SMA Swasta Muhammadiyah Kisaran. Jenis sampel adalah sampel total yaitu sampel keseluruhan. Untuk kelas XI IPA 1 diberikan pengajaran dengan menggunakan kooperatif tipe STAD, sedangkan kelas XI IPA 2 diberikan pengajaran dengan kooperatif tipe TSTS.Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe TSTS. Nilai rata-rata skor per pre test siswa kelas STAD 52,2 dengan Standar Deviasi 10,649. Nilai rata-rata skor pos test siswa kelas STAD 83,00 dengan Standar Deviasi 5,74. Nilai rata-rata skor pre tes kelas TSTS 49,2 dengan Standar Deviasi sebesar 10,915. Nilai rata-rata skor post test kelas TSTS 74,4 dengan Standar Deviasi sebesar 7,458 .Dengan demikian diperoleh harga ttabel = 1,99. Selanjutnya dengan membandingkan harga thitung dengan harga ttabel diperoleh bahwa thitung  ttabel yaitu (5,81  1,99). Maka Ha di terima dan Ho di tolak, yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajraan kooperatif tipe TSTS pada materi pokok sistem peredaran darah manusia di kelas XI SMA Swasta Muhammadiyah 
Institution Info

Universitas Negeri Medan