DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI 1 KISARAN T.P 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Nazmi Nasution (STUDENT ID : 408341036)
Ely Djulia (LECTURER ID : 196607241991032012)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-15 07:42:32 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dengan menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok virus di kelas X SMA Negeri 1 Kisaran T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan tes objektif sebagai alat untuk mendapatkan data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang terdiri atas 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 194 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara random yang terdiri dari 2 kelas, kelas X1 dibelajarkan dengan model kooperatif tipe STAD dengan Media Audio Visual (eksperimen I) dan kelas X2 dengan model kooperatif tipe STAD tanpa Media Audio Visual (eksperimen II).Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikan  = 0,05 menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen I (74,55) dengan eksperimen II (68,2) dengan pengujian hipotesis thitung  ttabel (2,44  1,99). Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar biologi siswa tentang virus dengan model pembelajaran STAD dengan Media Audio Visual di kelas X SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2012/2013 mengalami peningkatan hasil belajar. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan