DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA DI SMA KELAS XI T.A 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Bronika Septiani Sianturi (STUDENT ID : 408331008)
Riris Ida Duma (LECTURER ID : 195806281980112001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-18 02:17:38 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi Termokimia di SMA Katolik Tri Sakti Medan pada kelas XI IPA. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Inkuiri dengan media handout dan kelas kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri.. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 37,79±5,39 dan rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 36,76±4,9. Semua data pre-test, post-test dan diperoleh data berdistribusi normal. Data tersebut kemudian diuji homogenitas sehingga diketahui kedua kelas homogen. Setelah diberi perlakuan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 87±4,085 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 73,23±4,586. Dari data tersebut setelah dianalisis, maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah sebesar 78,7% dan peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol adalah sebesar 57,4%. Peningkatan hasil belajar kedua kelas diuji beda dengan uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel (13,089 > 1,6697) sehingga Ha diterima berarti Peningkatan hasil belajar kimia dengan strategi pembelajaran Inkuiri menggunakan media handout lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar kimia tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan