DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Rofiqoh Batubata (STUDENT ID : 81244310019)
Gulmah Sugiharti (LECTURER ID : 196111071988032001)
Subject
QD450 Physical and theoretical chemistry 
Datestamp
2016-08-15 07:49:18 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Peta Kosep lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan Strategi PBL tanpa Media Peta Kosep dan untuk mengetahui persen peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan pengajaran dengan Strategi PBL dengan Media Peta Kosep Pada Materi Pokok Laju Reaksi di MAN P.Siantar. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan PBL dengan Media Peta Kosep, sedangkan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan Strategi PBL tanpa Media Peta Kosep. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji dua pihak dan diperoleh thitung = 2.023 sedangkan ttabel = 2.0063 untuk α = 0.05 dan db = 54. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni ada pengaruh hasil belajar kimia siswa yang diajarkan menggunakan Strategi PBL dengan Media Peta Kosep dan pengajaran menggunakan Strategi PBL tanpa Media Peta Kosep pada materi pokok Laju Reaksi. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 51.781 % sedangkan persen keberhasilan belajar siswa kelas eksperimen 2 sebesar 39.966% serta %efektifitas gain kedua kelas ne sebesar 30%, hal ini menunjukkan perbedaan signifikansinya dengan kriteria 
Institution Info

Universitas Negeri Medan