DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Ratna Sabti Wahyuni (STUDENT ID : 408131081)
Zainuddin (LECTURER ID : 196703171992031004)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-23 05:12:45 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media Powerpoint dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini ditentukan secara pertimbangan (purposif sampling) yang diambil dari populasi sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa setiap kelas sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel, dengan r = 0,312 pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil pretest dan postest pada saat penelitian, diperoleh rata-rata nilai gain ternormalisasi untuk kelas eksperimen I sebesar 0,649 dan untuk kelas eksperimen II sebesar 0,56. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,12 > 1,66 pada taraf signifikan α = 0,05 dan db = 78. Hal ini berarti Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koopertaif tipe TGT menggunakan media Powerpoint memiliki pengaruh lebih baik yakni dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 64,9% dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT tanpa menggunakan media Powerpoint dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 56%. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan