DETAIL DOCUMENT
PENGARUH REMEDIAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Wahyuni Maisaroh Hutasuhut (STUDENT ID : 408331056)
Germanicus Sinaga (LECTURER ID : 195303181983031002)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-18 03:59:03 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pengajaran remedial terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan laju reaksi. Pengajaran remedial yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan pendekatan pembelajaran yang dimaksudkan untuk mengevaluasi proses belajar siswa, sehingga dapat diketahui sampai dimana pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 1 kelas. Sebagai alat pengumpul data peningkatan hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya bedanya. Hasil analisis data diperoleh rata-rata peningkatan hasil belajar kimia setelah remedial 0,606±0,14 lebih tinggi dibandingkan sebelum remedial rata-rata peningkatan hasil belajarnya 0,334±0,14. Peningkatan hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t dua pihak diperoleh thitung > ttabel (12,31 > 2,023) sehingga Ha diterima berarti ada pengaruh pengajaran remedial terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan laju reaksi. Maka dapat disimpulkan bahwa pengajaran remedial berpengaruh dan memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi daripada sebelum remedial. Peningkatan atau persen gain hasil belajar kimia siswa setelah remedial sebesar 60,6% sedangkan sebelum remedial sebesar 33,4%. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan