DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SMA PADA MATERI POKOK STRUKTUR ATOM
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Titi Suryani Situmean (STUDENT ID : 408131094)
Ramlan Silaban (LECTURER ID : 196006181987031002)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-23 05:41:42 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh model pembelajaran Advance Organizer yang dikombinasikan dengan Mind Mapping terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X Semester I pada materi pokok struktur atom, 2) apakah ada pengaruh model pembelajaran Advance Organizer yang dikombinasikan dengan Mind Mapping terhadap kreativitas siswa kelas X Semester I pada materi pokok struktur atom, dan 3) apakah ada hubungan antara kreativitas siswa dengan hasil belajar kimia yang diajarkan dengan model pembelajaran Advance Organizer yang dikombinasikan dengan Mind Mapping kelas X semester I pada materi pokok struktur atom. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 2 (dua) kelas X sebagai kelas eksperimen I dan eksperimen II. Kelas eksperimen I diajarkan dengan model pembelajaran Advance Organizer yang dikombinasikan dengan Mind Mapping, dan kelas eksperimen II diajarkan dengan model pembelajaran Advance Organizer tanpa menggunakan Mind Mapping. Hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen I 28,06 ± 10,301, dan postest 78,75 ± 9,738. Sedangkan pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata pretest 26,94 ± 9,202, dan postest 73,61 ± 9,072. Semua data pretest, postest, dan gain diuji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov SPSS-17, dan diperoleh data terdistribusi normal. Dan data pretest kedua kedua kelas diuji homogenitas diperoleh bahwa kedua kelas homogen sebelum mendapat perlakuan yang berbeda. Peningkatan hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t-sampel independent. Hasil pengujian mengungkap bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran advance organizer yang dikombinasikan dengan mind mapping terhadap hasil belajar dimana sig. < α (0,0035 < 0,0500) dan thitung > ttabel (1,884 > 1,669) ; 2) ada pengaruh model pembelajaran advance organizer yang dikombinasikan dengan mind mapping terhadap kreativitas belajar siswa dimana sig. < α (0,011 < 0,0500) dan thitung > ttabel (2,349 > 1,669) ; 3) secara signifikan terdapat hubungan kreativitas belajar dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran advance organizer yang dikombinasikan dengan mind mapping dimana harga sig.< α sebesar (0,013 < 0,050). 
Institution Info

Universitas Negeri Medan