DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR STRUKTUR ATOM ANTARA PENERAPAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL TWO STAY- TWO STRAY (TS-TS)DI SMA AL-FATTAH MEDAN T.P 2012 / 2013.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Koes Indirawati (STUDENT ID : 409631010)
Zainuddin Muchtar (LECTURER ID : 196703171992031004)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-22 08:02:29 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran koperatif tipe NHTdan tipe TS-TS pada pokok bahasan struktur atom di SMA Al?Fattah Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 2 kelas yang masing masing kelas berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan sebanyak 40 soal dan 25 soal yang digunakan setelah teruji validitas,reliabilitas,tingkat kesukaran,dan daya bedanya.Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan aktifitas pembelajaran siswa dan kedua model pembelajaran.Aktifitas siswa pada kelas NHT=87,08 dan pada kelas TS-TS=80,85.Hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest kelas NHT = 33,75 nilai postes = 81,70dan nilai gain = 0,778 dengan standar deviasi 0,1126.sedangkan pada kelas TS-TS diperoleh nilai rata-rata pretest =32,20 postest = 77,45 Gain =0,723 dengan standar deviasi = 0,1126 dan peningkatan hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t-2 pihak diperoleh thitung> ttabelsehingga Ha diterima.disimpulkan ada peningkatan hasil belajar kimia siswa pada po 
Institution Info

Universitas Negeri Medan