DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBLOG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Nurjannah (STUDENT ID : 408331035)
Anna Juniar (LECTURER ID : 196006131988032001)
Subject
QD Chemistry 
Datestamp
2016-11-21 03:19:33 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-learning berbasis weblog terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan termokimia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 8 Medan yang terdiri dari lima kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 64 siswa dengan teknik purpossive sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen yang diberi pengajaran e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan kelas kontrol yang diberi pengajaran tanpa e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan memiliki daya beda yang memenuhi syarat juga reliabel dengan nilai 0,767. Nilai rata-rata dari kelas eksperimen adalah 25,937 dan rata-rata dari kelas kontrol adalah 25,000. Persentase peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan pengajaran e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS sebesar 62,300% dan pengajaran tanpa e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS sebesar 54,500%. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 3,105 sedangkan ttabel sebesar 1,671 pada taraf α = 0,05 dan dk = 62, sehingga thitung>ttabel. Hal ini berarti terima Ha, Sehingga dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang belajar melalui penerapan e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diberi pengajaran tanpa e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Adapun aspek kognitif yang berkembang melalui media e-learning berbasis weblog pada model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah C4. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan