DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT DAN MEDIA KARTU FLASH PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 TAKENGON
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Hairina (STUDENT ID : 81244310008)
Kawan Sihombing (LECTURER ID : 195712091987031001)
Subject
QD Chemistry 
Datestamp
2016-11-21 03:27:25 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya perbandingan hasil belajar siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe NHT menggunakan Powerpoint dan media kartu flash di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Takengon semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Takengon. Sampel penelitian ini sebanyak 2 (dua) kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen I dan eksperimen II. Kelas eksperimen I dibelajarkan dengan model kooperatif tipe NHT dengan menggunakan Powerpoint dan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan model kooperatif tipe NHT dengan menggunakan media kartu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia siswa dengan model kooperatif tipe NHT menggunakan powerpoint dan media kartu pada pokok bahasan laju reaksi. Data statistik analisis penelitian ini menunjukkan bahwa gain di kelas eksperimen I mencapai 82%, dan di kelas eksperimen II 51%. Hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-tes kelas eksperimen I (26,5) dan pos-tes (86,5). Hasil pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata pre-tes (28) dan pos-tes (64,67). Data pre-tes, pos-tes diuji normalitas dan diperoleh data terdistribusi normal. Data pre-tes kedua kelas diuji homogenitas diperoleh bahwa kedua kelas homogen sebelum mendapat perlakuan berbeda. Besarnya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe NHT menggunakan powerpoint dan media kartu flash pada pokok bahasan laju reaksi diperoleh sebesar 31%. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan