DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI SMA KELAS XI T.A 2012-2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Sastrina Habeahan (STUDENT ID : 81244310020)
Ida Duma Riris (LECTURER ID : 195806291980112001)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-18 02:22:52 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Strategi Pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan laju reaksi dan mengetahui seberapa besar Pengaruh Strategi Pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan laju reaksi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Medan kelas XI IPA, yang digunakan adalah 2 kelas masing-masing berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk objektif tes. Sebanyak 30 soal yang divalidkan, dan diperoleh soal yang valid sebanyak 15 soal. Sebelum pengujian hipotesis dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas tes. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 3 Medan adalah lebih tinggi antara hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Inkuiri dengan pembelajaran konvensional, rata-rata pre tes eksperimen 41,76 dan konvensional 45,531 rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran Inkuiri adalah 92,32 sedangkan hasil belajar kimia siswa di kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional adalah 87,5. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t dua pihak, dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung = 2.62 > ttabel = 2,037 pada taraf α = 0,05 db = 55. Hal ini memperlihatkan bahwa Ha diterima, Ho ditolak yang artinya lebih tinggi hasil belajar kimia siswa di kelas eksperimen daripada kelas control padapokok bahasan laju reaksi. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan