DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERINTEGRASI DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TEKANAN DI KELAS VIII SMP DHARMA PATRA P. BERANDAN T.P 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Yunita Rahmah Nasution (STUDENT ID : 408321060)
Pintor Simamora (LECTURER ID : 196104021987031002)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-15 08:51:59 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang di ajar dengan pendekatan problem posing terintegrasi dengan metode diskusi kelompok pada materi pokok tekanan dan mengetahui pengaruh pendekatan problem posing terintegrasi dengan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok tekanan di kelas VIII SMP Dharma Patra P. Berandan semester I T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian experimen two group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester I SMP Dharma Patra P. Berandan T.P 2012/2013, yang terdiri dari 2 kelas paralel. Sampel penelitian ini diambil secara cluster random sampling sebanyak 2 kelas, dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang dan satu kelas sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yakni pilihan berganda tes sebanyak 15 soal. Sebelum tes diujikan kepada siswa, terlebih dahulu divalidkan oleh validator. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pretes kelas eksperimen adalah 42,4 dengan standar deviasi 10,7 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 43,1 dengan standar deviasi 11,7. Perhitungan nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 70,9 dan standar deviasi 10,4 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 61,3 dengan standar deviasi 12,4. Data yang diuji ternyata berdistribusi normal dan homogen. Dalam melakukan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,219 dan ttabel = 2,002. Hal ini berarti ada pengaruh pendekatan problem posing terintegrasi dengan metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok tekanan di kelas VIII semester I SMP Dharma Patra P. Berandan T.P 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan