DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA KELAS VII SEMESTER I DI SMP SANTO YOSEPH MEDAN T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Lenni Marlina Siburian (STUDENT ID : 408121062)
J.B. Sinuraya (LECTURER ID : 196001301986011002)
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2016-09-01 05:42:53 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pokok Zat dan Wujudnya kelas VII semester I SMP Santo Yoseph Medan T.P 2012/2013. 2) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri pada materi pokok Zat dan Wujudnya kelas VII semester I SMP Santo Yoseph Medan T.P. 2012/2013. 3) Mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Zat dan Wujudnya di kelas VII SMP Santo Yoseph Medan T.P. 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Santo Yoseph Medan pada tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas VII SMP Santo Yoseph Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas sampel secara acak yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas 40 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar yang telah diuji cobakan terlebih dahulu dimana tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 15 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 40.17, pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 39.17. Pada taraf signifikansi α = 0.05 hasil pengujian kesamaan rata-rata pretes diperoleh -ttabel < thitung < ttabel yaitu -1.99 < 0.35 < 1.99, berarti kemampuan awal siswa kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa kelas kontrol. Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri sebesar 68.33 sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 58.82. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3.21 > 1.66 pada taraf signifikansi α = 0.05, berarti Ha diterima. Dengan demikian diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Zat dan Wujudnya kelas VII semester I SMP Santo Yoseph Medan T.P. 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan