DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK ENERGI DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 ULUAN T.A 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Hartono Siregar (STUDENT ID : 71244210057)
Manter Sihotang (LECTURER ID : 195001171976031001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-22 08:15:20 
Abstract :
Model pembelajaran Berbasis Masalah merupakan suatu pendekatan pembelajaran dimana siswa mengerjakan permasalahan yang otentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan keterampilan berpikir lebih tinggi, mengembangkan kemandirian dan percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan konvensional pada materi pokok energi di kelas VIII SMP N 2 Uluan T.A 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Uluan yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIII-1 dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas VIII-2 dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 34,29 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 30,67. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 70,48 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 56,00. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,546 > 2,023 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk 39. Hal ini berarti Ha diterima yang berarti ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan model pembelajaran berbasis masalah dengan konvensional pada materi pokok energi di kelas VIII SMP N 2 Uluan T.A 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan