DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN NHT PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KISARAN T.A 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Ulfah Syuhada Nasution (STUDENT ID : 408111103)
Mukhtar (LECTURER ID : 195908071983031033)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-16 07:24:52 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan STAD pada materi Pecahan di kelas VII SMP Negeri 2 Kisaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kisaran dan yang dijadikan sebagai sampel sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak. Pada kelas eksperimen 1 diberi perlakuan pengajaran dengan menggunakan model kooperatif Tipe STAD, sedangkan pada kelas eksperimen 2 diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah sebanyak lima soal yang sebelumnya telah diujicobakan ke kelas lain di luar sampel penelitian untuk melihat validitas dan reliabilitas. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bawa sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 yang diajar dengan menggunakan model kooperatif Tipe NHT, diperoleh rata 
Institution Info

Universitas Negeri Medan