DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN METODE INKUIRI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK GEOMETRI DI KELAS V SD NEGERI 067249 MEDAN T.A 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Risna Nila Sari Siregar (STUDENT ID : 408311041)
Katrina Samosir (LECTURER ID : 196308281989032003)
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2016-09-01 05:53:20 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan metode inkuiri kelompok pada materi pokok geometri di kelas V SD Negeri 067249 Medan Tahun ajaran 2012/2013.Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 067249 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 34 orang siswa. Objek peneitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa dalam matematika khususnya pada materi pokok geometri. Instrumen pada penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Prosedur dari penelitian ini terdiri atas dua siklus, dimana setelah satu siklus berakhir diberikan tes yang telah divaliditasi oleh validator dan setiap proses pembelajaran ada observasi yang dilakukan oleh observer yaitu guru matematika SD Negeri 067952 Medan dan teman peneliti.Berdasarkan hasil observasi, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata persentase aktivitas belajar siswa adalah 51,10% sedangkan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas belajar siswa mencapai 72,98%. Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 21,88%.Data yang diperoleh sebelum dilakukan tindakan diperoleh nilai rata-rata tes diagnostik siswa sebesar 57,92 % dan hanya 10 orang siswa atau 29,41 % yang mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar. Setelah diberikan tindakan dengan menerapkan metode inkuiri kelompok pada siklus I dan kemudian diberikan tes hasil belajar I maka diperoleh nilai rata-rata kelas adalah 69,85 dengan 23 orang siswa atau 67,65 % yang mencapai kriteria ketuntasan belajar. Pada siklus II dengan memberikan tes hasil belajar II diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 75,82 dengan 29 orang siswa atau 85,29 % yang mencapai kriteria ketuntasan belajar. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II sebesar 17,64% dan peningkatan nilai rata-rata sebesar 5.97 %. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode Inkuiri Kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi pokok geometri di kelas V SD Negeri 067249 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan