DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN TES HASIL BELAJAR ALJABAR UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Lenni Noprida Lubis (STUDENT ID : 408311028)
Dian Armanto (LECTURER ID : 196310111988031001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-15 07:20:51 
Abstract :
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan pada semester ganjil kelas VII Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah kelas VII-8 SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan yang berjumlah 36 siswa dan adapun objek penelitiannya yaitu : validitas dan reliabilitas yang dikembangkan, tingkat kesukaran dan daya beda soal aljabar serta hasil belajar aljabar siswa dan kesulitan siswa dalam menjawab soal aljabar.Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, obsevasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah validitas tes, reliabilias tes, tingkat kesukaran tes, daya pembeda tes, tingkat penguasaan siswa dan ketuntasan belajar siswa.Hasil uji reliabilitas diperoleh rhitung uji coba = 0,67 dan rhitung test = 0,57; dengan rtabel = 0,329 diperoleh uji coba dan test secara keseluruhan reliabel. Uji validitas pada 15 item soal dengan rtabel=0,329 diperoleh pada uji coba dan test terdapat 15 item soal valid. Uji tingkat kesukaran diperoleh pada uji coba terdapat 15 soal yang berkriteria sedang dan tes dari 15 item terdapat 15 soal berkriteria sedang. Uji daya pembeda soal dari 15 item pada uji coba diperoleh 4 item berdaya beda baik, 11 item berdaya beda cukup dan pada test terdapat 1 item berdaya beda baik dan 14 soal yang berdaya beda cukup. Untuk tingkat penguasaan siswa dari 36 siswa terdapat 27 siswa atau 75 % siswa menguasai materi pada uji coba dan 28 siswa atau 77,8% pada test; terdapat 27 siswa atau 75 % yang telah mencapai daya serap (tuntas) ≥ dari 65% pada uji coba dan 28 siswa atau 77,8% pada tes sehingga ketuntasan belajar siswa secara klasikal dikatakan tuntas; dari hasil observasi diperoleh rata-rata hasil observasi pembelajaran adalah 3,25 dan rata-rata hasil observasi siswa diperoleh 3,00 sehingga dinyatakan pembelajaran berjalan baik.Ini berarti bahwa tes hasil belajar yang diberikan cukup berperan menunjukkan hasil belajar siswa. Karena telah menunjukkan hasil belajar siswa maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan tes hasil belajar matematika ini tes yang digunakan valid di kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan