DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DALAM BENTUK SOAL CERITA DI KELAS X SMA SWASTA INDONESIA MEMBANGUN (YAPIM) MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Gabe R. I. Panjaitan (STUDENT ID : 408111053)
Dian Armanto (LECTURER ID : 196310111988031001)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-15 08:29:08 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel dalam bentuk soal cerita dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas X SMA Swasta Indonesia Membangun (YAPIM) Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Indonesia Membangun (YAPIM) Medan yang berjumlah 33 orang dan objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem persamaan linear dua variable Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Sebelum memberikan tindakan, siswa diberikan tes diagnostik dan setiap akhir dari siklus diberikan tes hasil belajar. Dari tes diagnostik diperoleh rata 
Institution Info

Universitas Negeri Medan