DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEI RAMPAH T.A 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Fera Edenita Siagian (STUDENT ID : 408111051)
Yasifati Hia (LECTURER ID : 196304011989031004)
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2016-08-22 08:43:33 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Rampah T.A 2012/2013 melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian ini digunakan untuk menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan SPLDV. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII-9 SMPN 1 Sei Rampah yang berjumlah 34 orang dan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada pokok bahasan SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Rampah Tahun Pelajaran 2012/2013.Penelitian ini dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum diberikan tindakan, pada tes awal diperoleh skor rata-rata siswa dalam pemecahan masalah adalah 53,3 dengan 8 siswa atau 23,52% dari seluruh siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh skor rata-rata siswa dalam pemecahan masalah sebesar 72,3 dengan 24 siswa atau 70,6% dari seluruh siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh skor rata-rata siswa dalam pemecahan masalah matematika sebesar 80,9 dengan 30 siswa atau 88,2% dari seluruh siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah tuntas belajar, terdapat ≥ 85% siswa yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah sedang.Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Rampah. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan