DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI DAN METODE SIMULASI PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Dwi Fitria Wati Sinaga (STUDENT ID : 409341011)
Rosita Tarigan (LECTURER ID : 195206231976032001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-16 03:07:58 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswadengan menggunakan metode resitasi dan simulasi pada materi pokok ekosistemdikelas X SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa yang terdiri 2 kelas sebanyak 80 orang. Sampel yang digunakan adalah sample purposif Satu kelas diajar dengan metode resitasi dan kelas yang 1 lagi diajar dengan metode simulasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa yang berbentuk objektif berjumlah 50 soal. Tes yang digunakan adalah uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada saat pree-tesdengan metode resitasi diperoleh rata-rata nilai 3,48 dan standart deviasi 0,31, sedangkan untuk hasil belajar siswa dengan metode simulasi diperoleh rata-rata nilai 4,23 dan standart deviasi 0,91. Sedangkan Hasil penelitian hasil belajar siswa pada saat post-tes dengan metode resitasi diperoleh rata-rata nilai 5,83 dan standart deviasi 0,923, sedangkan untuk hasil belajar siswa dengan metode simulasi diperoleh rata-rata nilai 6,80 dan standart deviasi 0,827, Hasil analisis data dengan uji t, menunjukkan thitung (5,649) > ttabel (1,667) pada taraf  0,05, berdasarkan hipotesis tersebut, maka Ho ditolak, pada taraf kepercayaaan 95%. Berarti hasil belajar siswa yang di ajar menggunakan metode simulasimemberikan hasil yang signifikan. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa hasilbelajar yang paling tinggi adalah dengan menggunakan metode simulasi dan hasilbelajar paling rendah adalah dengan menggunakan metode resitasi. Sehinggadapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan metode resitasi dan metode simulasi pada materi pokok ekosistem dikelas X SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang TahunPembelajaran 2012/2013 
Institution Info

Universitas Negeri Medan