DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII SMP SWASTA BANDUNG TEMBUNG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Saddam Husein Siregar (STUDENT ID : 409111073)
Mukhtar (LECTURER ID : 195908071983031033)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-23 09:04:27 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakanmodel pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi SPLDV di Kelas VIII SMP Swasta Bandung Tembung.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakandalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Swasta Bandung Tembung yang berjumlah 27 orang. Objek penelitin ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran model Think-Pair-Share untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas pencapaian waktu ideal aktivitas aktif siswa pada siklus I dan siklus II. Tes hasil kemampuan pemecahan masalah matematika yang berbentuk uraian yaitu tes awal sebanyak 4 soal. Tes hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siklus I sebanyak 4 soal dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa siklus II terdiri dari 4 soal.Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh data Kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model TPS pada siklus I dari 26 siswa terdapat 1 orang siswa atau 3,85% yang memiliki kemampuan rendah, dan 25 orang siswa atau 96,15% memiliki kemampuan sangat rendah dan 1 siswa tidak hadir. Pada siklus II terdapat 17 siswa dari 27 siswa atau 62,96% yang memiliki kemampuan tinggi, 6 siswa atau 22,22% yang memiliki kemampuan sedang, 2 siswa atau 7,4% yang memiliki kemampuan rendah, 1 siswa atau 3,7% yang memiliki kemampuan sangat rendah dan 1 siswa tidak hadir. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah tuntas belajar, karena terdapat 85% siswa yang memiliki tingkat ketuntansan klasikal. Dari hasil analisis siklus I dan siklus II tersebut dapat dilihat bahwa kriteria kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ini telah mencapai target dan mengalami peningkatan dalam mempelajari materi Sistem Persamaan Linear DuaVariabel dengan menerapkan model Think-Pair-Share. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalahmatematika siswa khususnya pada pokok bahasan persamaan dua variabel di kelasVIII SMP Swasta Bandung Tembung dimana peningkatan diperoleh setelah siklusII dilaksanakan. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan