DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII MTS AL-JIHAD MEDAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Muhammad Rizky Mazaly (STUDENT ID : 409111048)
Mukhtar (LECTURER ID : 195908071983031033)
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2016-09-06 03:34:11 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuanpemecahan masalah siswa setelah diterapkan model Kooperatif Learning Tipe Investigasi Kelompok di kelas VII MTs. Al-Jihad Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII MTs. Al-Jihad Medan yang berjumlah 60 orang yang terdiri dari dua kelas yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalahmatematika siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif LearningTipe Investigasi Kelompok. Soal tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian, setiap siklus dilakukan satu kali tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil tes awal di kelas VII-1 diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 16,7% dengan ratarata49,75, dan di kelas VII-2 diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 30% dengan rata-rata 54,28, pada siklus I (kelas VII-1) terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 66,7% dengan nilai rata-rata 69,92 dan pada siklus II (kelas VII-2) terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikalsebesar 86,7% dengan rata-rata 80,75. Hal ini dapat juga dilihat dari hasil tes yang diberikan kepada siswa dari segi aspek pemecahan masalah yakni pada siklus 1 diperoleh 29 siswa (96%) yang dapat memahami masalah, diperoleh 18 siswa(60%) yang dapat merencanakan penyelesaian masalah, diperoleh 13 siswa(43,3%) yang dapat menyelesaikan masalah, dan diperoleh 17 siswa (56,7%) yang dapat memeriksa kembali. Pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 30 siswa(100%) yang dapat memahami masalah, 23 siswa (76,7%) yang dapatmerencanakan penyelesaian masalah, 21 siswa (70%) yang dapat menyelesaikanmasalah, 23 siswa (76,7%) yang dapat memeriksa kembali. Berdasarkan hasilobservasi yang dilakukan oleh observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yangdilaksanakan guru pada siklus I dapat dikatakan termasuk kategori baik. Padasiklus II, tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategorisangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs. Al-Jihad Medan sehingga pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Investigasi Kelompok dapat dijadikan salah satu altenatif pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan