DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI KELAS VIII SMP SWASTA PAB 2 HELVETIA MEDAN T.A 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Fitria Kalsum (STUDENT ID : 409111030)
E. Elvis Napitupulu (LECTURER ID : 196312251988031004)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-22 09:09:58 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah bila dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori di kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 dan kelas VIII-6 sebanyak 74 orang. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematik berbentuk uraian sebanyak 4 soal. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah adalah 826 dengan simpangan baku 8,8361801 dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diberi pembelajaran ekspositori adalah 72,97 dengan simpangan baku 8,39224671. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung = 5,6354 dan ttabel = 1,996. Ternyata didapat thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan menerima Ha atau dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah bila dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori di kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Dari hasil penelitian ini, ternyata pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat memberi perbedaan kemampuan pemecahan masalah bila dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori, karena dengan pembelajaran berbasis masalah siswa didorong belajar dengan cara memahami persoalan yang ada, merencanakan strategi penyelesaiannya, memecahkan persoalan, menginterpretasikan hasil dan mentransfer keterampilannya untuk diterapkan dan akhirnya pembelajaran menjadi bermakna. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan