DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMP SWASTA BRIGJEND KATAMSO MEDAN T.A. 20
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Andrayana Saputri (STUDENT ID : 4094110003)
P Siagian (LECTURER ID : 195410191980111001)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-18 06:35:26 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswayang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Think PairShare (TPS) lebih tinggi daripada tipe Student Teams Achievement Division(STAD) pada materi Relasi dan Fungsi di kelas VIII SMP Swasta BrigjendKatamso Medan T.A. 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swata Brigjend Katamso Medan dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-8 yang berjumlah 40 siswa diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS yang disebut sebagai kelas eksperimen A dan kelas VIII-9 yang berjumlah 40 siswa diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang disebut sebagai kelas eksperimen B. Instrumen penelitian ini menggunakan tes berupa pilihan berganda yang telah valid dari perhitungan validitas tes dan perhitungan reliabilitas tes sebanyak 15 soal dimana= 0,859 > = 0,312 yang berarti tes yang diujikan reliabel.Nilai rata-rata hasil pretest siswa pada kelas eksperimen A adalah 32,33dengan standar deviasi adalah 13,21. Nilai rata-rata hasil pretest siswa pada kelas eksperimen B adalah 32,00 dengan standar deviasi adalah 11,42. Nilai rata-rata hasil postest siswa pada kelas eksperimen A adalah 80,50 dengan standar deviasi adalah 11,44. Nilai rata-rata hasil postest siswa pada kelas eksperimen B adalah 73,33 dengan standar deviasi adalah 13,84. Dari hasil analisis data berupa uji normalitas data pretest hasil belajar kelas eksperimen A diperoleh L0 (0,1238) ttabel yaitu 2,568 > 1,667 maka ini berarti bahwa Ha diterima sehingga hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe Think Pair Share (TPS) lebih tinggi daripada tipe Student Teams AchievementDivision (STAD) pada materi Relasi dan Fungsi di kelas VIII SMP SwastaBrigjend Katamso Medan T.A. 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan