DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DIKELAS VIII SMP NEGERI 1 DOLOK PANRIBUAN TAHUN AJARAN 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Seprina Renata Simbolon (STUDENT ID : 409111076)
H Banjarnahor (LECTURER ID : 195805131988031002)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-15 08:38:02 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran elaborasi lebih baik dari pada komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada materi bangun ruang kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan tahun ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan Tahun Ajaran 2013/2014. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VIII-2 dan kelas VIII-3. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan 2 jenis test uraian yaitu untuk melihat tingkat komunikasi matematika siswa. Dari analisa data tes komunikasi akhir dengan menggunakan uji-t pada taraf a = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,373 > 1,668, sehingga disimpulkan bahwa komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran elaborasi lebih baik dari pada komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada materi bangun ruang kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan tahun ajaran 2013/2014 
Institution Info

Universitas Negeri Medan