DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN KONVENSIONAL PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII MTS AMALIYAH TANJUNG TIGA TAHUN AJARAN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Neni Maryuni (STUDENT ID : 409411031)
W Rajagukguk (LECTURER ID : 196110051986011001)
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2016-08-18 07:37:58 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional pada materi prisma dan limas kelas VIII MTs Amaliyah Tanjung Tiga Tahun Ajaran 2012//2013.Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan pre-test and post-test group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Amaliyah Tanjung Tiga Tahun Ajaran 2012/2013. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dengan masing-masing jumlah sampel 37 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes (pretest dan postest). Hasil uji reliabilitas diperoleh rhitung pretest = 0,873 dan rhitung postest = 0,903; dengan rtabel = 0,316 diperoleh pretest dan postest secara keseluruhan reliabel. Uji validitas pada 25 item soal dengan rtabel=0,316 diperoleh pada pretest terdapat 20 item valid dan pada postest terdapat 21 item valid. Dari hasil uji coba, diambil 20 soal pretest dan 20 soal postest untuk digunakan pada penelitian.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen 1 adalah 82,6 dan pada kelas eksperimen 2 adalah 74,7. Dari perhitungan uji normalitas data pretest kelas eksperimen 1 diperoleh Lhitung< Ltabel (0.0825 < 0.1457) dan data pretest kelas eksperimen 2 Lhitung< Ltabel (0.0769 < 0.1457) sedangkan pada postest kelas eksperimen 1 diperoleh Lhitung< Ltabel (0.1271 < 0.1457) dan kelas eksperimen 2 Lhitung< Ltabel (0.1376 < 0.1457) sehingga disimpulkan bahwa kedua kelas berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Dari perhitungan uji homogenitas data pretest diperoleh Fhitung = 1,21 dan Ftabel = 1,74 sedangkan pada postest diperoleh Fhitung = 1,40 dan Ftabel = 1,74 maka Fhitung< Ftabel sehingga dapat disimpulkan kedua sampel berasal dari populasi yang homogen.Hasil uji-t pada taraf dan dk= 72 diperoleh thitung > ttabel yaitu (3,97 > 1,668) artinya bahwa hasil pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional kelas VIII MTs Amaliyah Tanjung Tiga. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan