DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAN PEMBELAJARAN SECARA KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 16 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Risky Yasmita Sari Hasibuan (STUDENT ID : 409411041)
Edi Syahputra (LECTURER ID : 195701211989031001)
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2016-11-21 08:00:22 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah komunikasi matematika siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Talking stick lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran Konvensional pada pokok bahasan Teorema Phytagoras di kelas VIII SMP 16 Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 16 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 64 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII-2 yang merupakan kelas kontrol sebanyak 32 orang dan kelas VIII-1 yang merupakan kelas eksperimen sebanyak 32 orang. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan test essay sebanyak 8 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli.Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest 50,031 dan simpangan baku pretest 18,322 sedangkan nilai rata-rata posttest 70,188 dan simpangan baku posttest 13,895. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest 46,750 dan simpangan baku pretest 19,629 sedangkan nilai rata-rata posttest 63,813 dan simpangan baku posttest 15,403. Dari analisis data posttest dengan menggunakan uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh thitung = 1,738 dan ttabel = 1,67 yang ternyata thitung> ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima.Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick lebih baik dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional pada pokok bahasan Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP 16 Medan. Dengan demikian berarti ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan