DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI I SIDAMANIK TAHUN AJARAN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Sisca Verawaty Gultom (STUDENT ID : 408311046)
M. Manullang (LECTURER ID : 195205171977021001)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-18 07:24:03 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran Think Talk write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Instrumen penelitian terdiri dari tes, lembar observasi dan lembar wawancara. Tes berbentuk uraian yang terdiri dari tes Diagnostik sebanyak 4 soal, tes hasil belajar I pada siklus I sebanyak 5 soal dan tes hasil belajar II pada siklus II sebanyak 5 soal. Lembar observasi bertujuan untuk mengetahui aktivitas peneliti dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi, setelah diberikan tindakan pada siklus I dengan menerapkan strategi pembelajaran Think Talk Write diperoleh data banyaknya siswa yang termasuk dalam kategori aktif (PAS ≥ x ̅ ) sebanyak 17 orang siswa (42,5 %) dari 40 orang siswa dengan rata 
Institution Info

Universitas Negeri Medan