DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA DHARMA BAKTI KAB. LANGKAT T.A. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Sri Ayuni (STUDENT ID : 409411048)
Yasifati Hia (LECTURER ID : 196304011989031004)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-19 03:17:47 
Abstract :
Masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar matematika siswa yang masih rendah, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Swasta Dharma Bakti Kab. Langkat T.A 2012/2013.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Dharma Bakti Kab. Langkat T.A 2012/2013 yang berjumlah 41 orang dan objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan Tes. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Dalam pelaksanaan siklus I, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok asal secara heterogen berdasarkan ranking di semester I. Kelompok tersebut terdiri dari 6 orang ahli sesuai dengan pembagian subbab. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II, kelompok asal dibentuk berdasarkan hasil THB Idimana setiap kelompok terdiri dari 4 orang ahli dan terdapat 2 kelompok ahlidengan materi yang sama serta diberikan perlakuan tambahan ketika diskusikelompok asal berlangsung. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 17,70% dari 58,54% di siklus I menjadi 75,61% di siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, peningkatan ini dilihat dari adanya penambahan jumlah siswa yang memperoleh ketuntasan belajar yaitu 5 orang, dari 31 orang di siklus I menjadi 36 orang di siklus II dan peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 7,34 dari 66,20 di siklus I menjadi 73,54 di siklus II. Dengandemikian, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktivitas dan hasil belajarsiswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Swasta Dharma Bakti Kab. Langkat T.A 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan