DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERES HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA DI KELAS X SMA SWASTA DHARMA BAKTI KAB. LANGKAT T.A. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Suprianto Pane (STUDENT ID : 409111081)
Hasratuddin (LECTURER ID : 196312311991031030)
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2016-11-21 08:07:56 
Abstract :
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah dikembangkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi dimensi tiga di kelas X SMA Swasta Dharma Bakti Kab. Langkat T.A.2012/2013 serta mengetahui efektivitas pengembangan model pembelajaran tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Dharma Bakti Kab. Langkat T.A 2012/2013 yang berjumlah 44 orang dan objek dalampenelitian ini adalah hasil belajar siswa pada materi dimensi tiga dengan mmengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan Tes. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Pertemuan pertama masih digunakan model pembelajaran NHT sesuai teori yang dikemukakan oleh Trianto (sebelum dikembangkan). Pertemuan kedua, ketiga dan keempat menggunakan model pembelajaran NHT yang telah dikembangkan. Untuk melihat efektivitas pengembangan ini maka dilakukan observasi terhadap pembelajaran di setiap pertemuan dan diberikan Tes Hasil Belajar berbentuk essay setelah pertemuan kedua dan keempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah dikembangkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sehingga pengembangan pembelajaran ini efektif terhadap hasil belajar siswa. Saran yangdapat diajukan dari penelitian ini adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang telah dikembangkan sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa serta memaksimalkan pembelajaran dan diharapkan dapat lebih krreatif dalam mengembangkan model-model pembelajaran yang lain. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan