DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)DENGAN SNOWBALL THROWING DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN T.A. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Zuhraidah Harahap (STUDENT ID : 409111089)
Pargaulan Siagian (LECTURER ID : 195410191980111001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-23 09:58:30 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar melalui model kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar melalui model kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Medan T.A 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VII-C (kelas eksperimen A) diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas VII-B (kelas eksperimen B) diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Instrumen penelitian ini berupa pretest dan postest yang berbentuk essay dan berjumlah 5 soal. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian, pada kelas eksperimen A diperoleh rata-rata pretest 37,086 dan rata-rata postest 79,086 atau terdapat peningkatan dengan rata-rata sebesar 42 sedangkan pada kelas eksperimen B diperoleh rata-rata pretest 36,057 dan rata-rata postest 73,371 atau tedapat peningkatan dengan rata-rata sebesar 37,314. Uji hipotesis, dari perhitungan data siswa diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,125 > 1,6687 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar melalui model kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar melalui model kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Medan T.A. 2012/2013. Demikian juga untuk aspek pemahaman terhadap masalah, melaksanakan perencanaan penyelesaian masalah, dan melihat kembali penyelesaian kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diajar melalui model kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar melalui model kooperatif tipe Snowball Throwing. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan