DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET DI KELAS XI SMK NEGERI 8 MEDAN T.A. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Neni Fauziah Batubara (STUDENT ID : 409311031)
M. Panjaitan (LECTURER ID : 195912301985031004)
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2016-09-06 03:48:53 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Di Kelas XI SMK Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI Busana 1 dengan jumlah siswa 32 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Quantum Teaching pada materi barisan dan deret di kelas XI SMK Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I banyaknya siswa yang memiliki persentase aktivitas ≥ 70% secara klasikal adalah 4 siswa (12,5%) dan di akhir siklus II meningkat hingga mencapai 25 siswa (78,12%). Dari akhir siklus II diperoleh bahwa persentase aktivitas aktif siswa telah memenuhi kriteria keaktifan klasikal yaitu ≥ 75% siswa memiliki persentase aktivitas ≥ 70%.Hasil analisis tes hasil belajar yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan I dengan menggunakan pembelajaran quantum teaching hasil belajar (≥ 65) secara klasikal masih belum tercapai karena hanya 21 siswa (65,625%) yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 72. Setelah pelaksanaan tindakan siklus II, hasil belajar siswa (≥ 65) secara klasikal telah tercapai yaitu 28 siswa (87,5%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 83. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 65,62%. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah 21,87%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan