DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE THINK PAIR SHARE NEGERI 2 BERASTAGI T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Emilia Manalu (STUDENT ID : 409141022)
Zulkifli Simatupang (LECTURER ID : 196605161992031001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-22 09:29:52 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Jigsaw dengan TPS pada materi pokok Ekosistem di kelas VII SMP N 2 Berastagi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Berastagi yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah siswa 210 orang. Pengambilan sampel secara random(random sampling) dan didapat dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VII-3 dan VII-4 yang berjumlah 76 orang. Kelas VII-3 diajarkan dengan model Jigsaw dan VII-4 dengan model TPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 25 buah yang digunakan sebagai soal pre-test dan post-test. Rata-rata hasil belajar yang didapatkan untuk kelas Jigsaw sebasar 76,86 lebih tinggi dibanding kelas TPS yaitu sebesar 70,66 sehingga terdapat perbedaan nilaisebesar 6,2%. Ketuntasan yang didapatkan siswa untuk kelas Jigsaw sebesar 62,%dan untuk kelas TPS sebesar 35,8%.Uji prasyarat analisis data menunjukkan bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan kedua kelas sampel memiliki kesamaan varians (homogen). Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung = 2,60 dan ttabel=1,993 dengan dk=74 dan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan kriteria Ho diterima jika 
Institution Info

Universitas Negeri Medan