DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Irwansyah (STUDENT ID : 81244210016)
Jonny Haratua Panggabean (LECTURER ID : 196409211989031003)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-23 10:09:07 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Adanya pengaruh modelpembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokoklistrik dinamis di kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran. 2). Bagaimana hasil belajar fisika siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training pada materi listrik dinamis. 3). Bagaimana hasil belajar siswa di kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi listrik dinamis. 3).Bagaimana aktivitas belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran inquiry training pada materi listrik dinamis kelas X semester 2 SMA Muhammadiyah 8 Kisaran tahun pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah kuasai eksperimen dengan desain penelitian twogroup pre-test post-test design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster randomsampling, yaitu Kelas X4 sebagai kelas eksperimendan kelas X6 sebagai kelaskontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid oleh tiga validator dan lembar aktivitas belajar siswa. Hipotesis yang digunakanadalah uji t satu pihak. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 43,23dengan standar deviasi 12,71 dan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol 42,83dengan standar deviasi 11,79dimana rata-rata pre-test dari kedua kelas sampelsama (homogen). Setelah pembelajaran selesai diberipost-test dengan nilai ratarata kelas eksperimen 76,97 dengan standar deviasi 10,62 dan nilai rata-rata kelas kontrol 65,25 dengan standar deviasi 9,09, sehingga dapat dihitung persentase peningkatan hasil belajar mencapai 15,23% dan dengan taraf keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 77,92% termasuk kategori aktif. Hasil uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitumg = 4,84 dan ttabel = 1,67. Sehingga thitumg> ttabel(4,84> 1,67) maka maka Ho di tolak dan Ha di terima, dengan demikian kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry training yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran T.P 2012/2013. Artinya model pembelajaran inquiry training Lebih baik dari model pembelajaran Langsung. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan