DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STRATEGI GENIUS LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 1 SEI BINGAI T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Andrian Sinulingga (STUDENT ID : 409321005)
Betty M. Turnip (LECTURER ID : 196301081987032002)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-16 03:42:31 
Abstract :
Genius Learning merupakan suatu strategi pembelajaran yang pada intinya membangun dan mengembangkan lingkungan pembelajaran yang positif dankondusif. Dari pengamatan yang sering terlihat bahwa di sekolah masihmenggunakan metode ceramah atau konvensional dalam proses pembelajaranserta keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran fisika masih rendah. Makapenelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar siswa denganmenggunakan strategi Pembelajaran Genius Learning dan Model PembelajaranKonvensional. (2) Mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaranmenggunakan Strategi Pembelajaran Genius Learning. (3) Mengetahui pengaruhStartegi Pembelajaran Genius Learning terhadap hasil belajar siswa pada materipokok Listrik Dinamis Di Kelas X SMA Negeri 1 Sei Bingai T.P. 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Adapun populasidalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sei BingaiT.P. 2012/2013 yang berjumlah 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengancara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 28 orang untukkelas eksperimen dan 28 orang untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan datahasil belajar fisika menggunakan teknik tes yaitu bentuk essai tes yang berjumlah 10 soal. Pengukuran aktivitas dilakukan menggunakan tabel observasi yang diisi oleh observer. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis varians dan uji kesamaan rata-rata (uji t dua pihak dan uji t sepihak). Hasil penelitian ini disimpulkan sebagai berikut: (1) Strategi pembelajaran Genius Learning berpengaruh terhadap hasil belajar Fisika, dilihat dari antara nilai rata-rata setelah pemberian pos-tes kelas eksperimen > kelas kontrol. (2) Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada saat pembelajaranberlangsung disetiap pertemuan, ditunjukkan dari nilai rata-rata aktivitas setiap pertemuan yaitu pertemuan I 28,75 kategori sangat kurang, pertemuan II 32,32 sangat kurang aktif, III sebesar 38,39 sangat kurang aktif dan IV sebesar 67,68 kategori cukup aktif. (3) Adanya perbedaan hasil belajar fisika, dikarenakan adanya pengaruh Strategi Genius Learning yang dicapai oleh kedua kelas denganmelakukan uji hipotesis yaitu ttabel < thitung pada taraf signifikan α = 0,05 maka Ha diterima. Dalam hal ini disarankan kepada peneliti selanjutnya agar dapat lebih mengefisienkan waktu pada setiap tahapan Genius Learning. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan