DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DISERTAI JOYFULL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMAN 2 P. SIANTAR T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Iriana Fratiwi Turnip (STUDENT ID : 409121039)
Betty M. Turnip (LECTURER ID : 196301081987032002)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-19 04:12:46 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT disertai Joyfull Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik dinamis.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X yang terdiri dari 17 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-3 dengan menggunakan model pembelajaran TGT disertai Joyfull Learning dan kelas X-8 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaran TGT disertai Joyfull Learning Nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 30,65 kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1114 < Ltabel = 0,1591. Nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 26,77 kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1354 < Ltabel = 0,1591. Setelah itu dilakukan uji homogenitas, diperoleh Fhitung = 1,21< Ftabel = 1,84. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian telah terpenuhi persyaratan untuk melakukan uji t dua pihak. Uji t menunjukkan -ttabel < thitung < ttabel (-2,00 < 1,85 < 2,00) dimana Ho diterima, yang berarti kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen 74,68, kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1332 < Ltabel = 0,1591. Nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 58,55 kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1178 < Ltabel = 0,1591. Setelah itu dilakukan uji homogenitas, diperoleh Fhitung = 1,7 < Ftabel = 1,84. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,16 > 1,67 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 60. Hal ini berarti Ha terima, yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT disertai Joyfull Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 2 Pematangsiantar T.P 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan