DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DAN OPTIKA GEOMETRIS DI KELAS X SEMESTER GENAP SMA N 3 LANGSA T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Saddam Hasan Ariga (STUDENT ID : 408121088)
Khairul Amdani (LECTURER ID : 196310231993031002)
Subject
BF501 Motivation 
Datestamp
2016-08-22 09:33:27 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Cahaya dan Optika Geometris di kelas X SMA Negeri 3 Langsa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah Two Group Pretes Postes Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester genap SMA Negeri 3 Langsa yang berjumlah 8 kelas. Yang menjadi sampel penelitian ada dua kelas yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 siswa ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar yang berjumlah 20 item yang telah divalidkan oleh validator, dan lembaran observasi. Uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 40,28 dengan standar deviasi 10,35 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 40,42 dengan standar deviasi 9,18. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1120 dan Ltabel = 0,1497, untuk kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,1160 dan Ltabel = 0,1497. Data postes kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,0761 dan Ltabel = 0,1497, untuk kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,1264 dan Ltabel = 0,1497. Sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel , maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes kedua sampel diperoleh Fhitung = 1,27 dan Ftabel = 1,77 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil postes dengan rata-rata kelas eksperimen 75,57 dan kelas kontrol 65. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,176 > 1,668, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya dan optika geometris di kelas X Semester Genap SMA Negeri 3 Langsa T.P. 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan