DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PANCA INDERA DENGAN PENERAPAN METODE PRAKTIKUM DI KELAS XI IPA SMA SWASTA HARAPAN 2 MEDAN T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Winda Sari Gultom (STUDENT ID : 409141104)
Melva Silitonga (LECTURER ID : 196203291987032002)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-18 04:24:49 
Abstract :
Metode Praktikum dapat melatih siswa untuk menggunakan kesempatan untuk menguji kebenaran teori. Siswa kemudian aktif dalam mengamati, mendengarkan, bekerja sama, bertanya, menanggapi dan membaca apa yang sedang dilakukan atau diujicobakan. Dengan kata lain aktivitas belajar siswa akan meningkat melalui metode praktikum. Guru telah mencoba menerapkan metode praktikum pada pembelajaran biologi pada materi pokok pana indera, namun sering terkendala disebabkan keterbatasan waktu. Penelitian tindakan kelas telah dilakukan untuk mengatasi permasalahan, bagaimanakah penerapan metode praktikum untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 15 Mei- 2 Juni 2013, dengan subjek penelitian kelas XI IPA SMA Swasta Harapan 2 Medan T,P 2012/2013. Tindakan yang dilakukan: (1) siklus I: Pembelajaran dengan metode Praktikum dengan pembagian LKS dengan diikuti diskusi kelompok dan presentasi, (2) Siklus II: Pembelajaran dengan metode praktikum dengan pembagian LKS sehari sebelum pembelajaran yang diikuti dengan diskusi dan presentasi. Parameter yang diamati adalah (1) aktivitas siswa dengan menggunakan instrumen lembar pengamatan/observasi siswa, (2) Hasil belajar Siswa dengan menggunakan instrumen tes pilihan berganda.Hasil penelitian diperoleh: dari Siklus I ke Siklus II, Peningkatan Aktivitas belajar siswa, membaca Aktivitas membaca meningkat 26.5%, aktivitas mendengarkan penjelasan guru meningkat 15%, aktivitas kerjasama dalam kelompok meningkat 32.5%, aktivitas melaksanakan prosedur kerja meningkat 39.4%, aktivitas bertanya meningkat 13%, aktivitas menjawab meningkat 32.5% dan hasil belajar siwsa meningkat 38%. Dengan demikian pembelajaran pada materi pokok panca indera dengan penerapan metode praktikum dikombinasikan dengan diskusi dan presentasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pelajaran yang dipetik, ternyata dengan metode praktikum, siswa lebih aktif dalam belajar. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan