DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TEKANAN DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 PARLILITAN T.A. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Samrihot Sihotang (STUDENT ID : 409121073)
Manter Sihotang (LECTURER ID : 195001171976031001)
Subject
BF501 Motivation 
Datestamp
2016-08-22 09:45:54 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk melihat aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada materi pokok Tekanan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Parlilitan T.A. 2012/2013. 2) Untuk melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada materi pokok Tekanan di Kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Parlilitan T.A. 2012/2013 . 3) Untuk melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan Pembelajaran Konvensional pada materi pokok Tekanan di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Parlilitan T.A. 2012/2013. 4) Mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Tekanan di kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Parlilitan TA 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 3 Parlilitan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VIII B dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan kelas VIII A dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaran Inkuiri.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 47,40 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 43,00. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran pembelajaran Inkuiri sebesar 72,80 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 60,80. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,529 > 1,676 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 48. Hal ini berarti Ha diterima yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada Materi Pokok Tekanan Dikelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Parlilitan T.A. 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan