DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP DENGAN METODE KUIS KELOMPOK PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS VII SEMESTER 2 SMP SWASTA PEMBANGUNAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Fauziah Balqis (STUDENT ID : 409341022)
Nusyirwan (LECTURER ID : 196006221988031001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-22 09:48:20 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswayang diajar menggunakan metode Peta Konsep dan metode Kuis Kelompok padamateri pokok Ekosistem Tahun Pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu pretest and postest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Pembangun Medan yang berjumlah empat kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, diambil dua kelas sebagai sampel. Kelas VII-3 dengan jumlah 32 siswa diajar menggunakan metode peta konsep dan kelas VII-4 dengan jumlah 32 siswa diajar menggunakan metode kuis kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes untuk kelas yang menggunakan metode Kuis Kelompok lebih tinggi yakni 78,63 dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode Peta Konsep yakni 73. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung < -ttabel atau -2,27 < -1,99 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Concept Mapping dan Team Quiz. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan