DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ALAT-ALAT OPTIK DI KELAS VIII SEMESTER II SMP YAYASAN PERGURUAN BUDI AGUNG MEDAN MARELAN T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Putri Adilah Noer (STUDENT ID : 409121065)
Makmur Sirait (LECTURER ID : 196303061989031009)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-24 02:17:22 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Alat-Alat Optik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Budi Agung Medan Marelan yang berjumlah 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sebelum pembelajaran diberikan pada kedua kelas terlebih dahulu dilakukan pretes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 30,67 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 27,83. Dari hasil uji normalitas dan homogenitas pretes siswa diperoleh bahwa data kedua kelas sampel adalah berdistribusi normal dan homogen dengan uji t dua pihak diperoleh bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Selanjutnya diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada kelas eksperimen dan model pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas sampel dilakukan postes. Diperoleh nilai rata-rata 70,17 untuk kelas eksperimen dan nilai rata-rata 62 untuk kelas kontrol. Aktivitas siswa pada saat pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match diperoleh rata-rata pada pertemuan I sebesar 72,84% (Cukup Baik) dan pada pertemuan II 82,98% (Baik). Dari hasil uji normalitas dan homogenitas postes siswa diperoleh bahwa data kedua kelas sampel adalah berdistribusi normal dan homogen.Dari hasil uji hipotesis thitung = 2,01 dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,671 (thitung > ttabel) yang berarti Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Alat-Alat Optik kelas VIII semester II SMP Yayasan Perguruan Budi Agung Medan Marelan T.P. 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan