DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Ratna Syah Putri Harefa (STUDENT ID : 409421023)
Manter Sihotang (LECTURER ID : 195001171976031001)
Subject
BF501 Motivation 
Datestamp
2016-08-22 09:58:05 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantu Peta Konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar yang terdiri dari 17 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, terdiri dari dua kelas yaitu yaitu Kelas X-1 dengan menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw berbantu Peta Konsep dan kelas X-9 dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli dan yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 26,29 dan nilai rata-rata kelas kontrol 25,81. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1221 dan Ltabel = 0,1591, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1575, dan Ltabel = 0,1591, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,21 dan Ftabel = 1,84 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan Model Pembelajaran Jigsaw dan kelas kontrol dengan Model Pembelajaran Langsung. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 74,84 dengan dan kelas kontrol 60,81. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 77, 33 termasuk kategori aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 7,64 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada perbedaan akibat pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 2 Pematangsiantar T.P 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan